Hai Kamu yang Sering Ragu, Inilah 12 Alasan Mengapa “Iya” Bisa Membuat Hidupmu Lebih Bahagia

5-42

Cobalah memandang kembali ke masa lalu. Kamu yang waktu itu masih kecil imut pasti ada aja ulahnya. Mencairkan suasana keluarga yang sedang berada di ujung tebing kebosanan. Memecahkan keheningan yang ada. Membuat orang disekitar senyum bahagia melihatmu. Atau kamu malah dapet marah ayah-ibu karena suka jaill?

Anak-anak lebih cepat untuk berkembang. Hal-hal yang membuatnya menarik selalu dilakukannya. Meng”iya”kan segala ide, gagasan, dan kreatifitas yang terlintas dalam pikirannya. sedangkan kamu yang mulai menginjak usia 20-an, mungkin sekarang “tidak” selalu menjadi pilihanmu. Sehingga ketika otak menawarkan hal-hal asing, baru, atau menantang kita cenderung untuk tidak melakukannya. Entah karena alasan takut salah, malas, atau kamu mungkin sedang sibuk menjalani rutinitas harianmu

Memang “tidak” harus kita katakan dengan tegas dalam beberapa hal: Narkoba, free seks, ajakan merokok, menengguk minuman keras. Namun, diluar hal negatif itu semua kita harus katakan “iya” untuk: aktifitas diluar kebiasaan, bertravel ria ke salah satu kota atau pulau indonesia yang belom pernah kamu kunjungi, melakukan hal-hal simpel sepeleh yang belum pernah kamu coba.

“Ada kajian di masjid kampung sebelah”

“Hmm… Pemda kota sebelah bikin festival budaya.”

“wow, ada beasiswa luar negri!”

“madura? Dayak?”

“Menghabiskan liburan dengan belajar masak.”

Inilah 12 alasan mengapa meng“iya”kan bisa membuat hidupmu menjadi lebih baik, berkembang, dan bahagia:

  1. Karena banyak hal yang berubah.

1109_mgmt_change_630x420

Dunia terus berubah. Bahkan perubahan saat ini terjadi sangat-sangat cepat. Perubahan adalah hal pasti dalam hidup ini. Berubah untuk menjadi baik atau malah menjadi buruk. Banyak orang memilih berubah untuk mengembangkan diri, menciptakan kemajuan, dan membuat keadaan menjadi lebih baik.

Ketika kamu memutuskan untuk berubah, ide perubahan pun terlintas di kepalamu. Karena seribu langkah menuju sukses selalu dimulai dengan satu langkah, itulah mengapa kita perlu bertindak. Jika kamu melihat buah sudah matang, maka kamu tinggal memetiknya. Sama halnya jika otakmu sudah membuahkan ide, kamu tinggal memetiknya melalui sebuah tindakan.

  1. Kamu bisa menemukan apa yang selama ini kamu mau

0213-skip-banks-630x420-750x500

Kamu sadar bahwa proses mencari dan mengembangkan diri adalah sebuah proses yang tidak akan pernah ada ujungnya. Sampai kapanpun kamu masih akan terus haus ingin mengembangkan diri. Keinginan ini justru harus terus kamu jaga, agar kamu bisa terus berkembang ke arah yang lebih baik. Karena suasana segar bisa membuat otakmu lebih segar, jadi jika ada hal-hal yang menarik perhatianmu jajal saja!

Pun seandainya yang kamu lakukan adalah sebuah kesalahan kamu akhirnya bisa melihat dengan jelas apa saja yang jadi kelebihan dan kekurangan. Kesalahan membuatmu mengetahui kelemahan dan sifat burukmu untuk diperbaiki. Kamu juga bisa menemukan potensi dan sisi lain dari dirimu yang selama ini tak kamu sadari.  Kamu pun jadi semakin peka dengan diri sendiri. Dan bisa benar-benar memahami apa maumu sebenarnya. Berbuat salah memang seperti tersesat. Tetapi kamu akan mendapatkan banyak pengalaman berharga selama perjalanan menemukan kembali jalan yang benar.

  1. Selalu ada tempat seru yang menunggumu

www.pinnacleadventure.co.uk

Tidak selamanya seseorang punya kebebasan khas anak muda usia 20-an. Akan ada kewajiban dan manusia lain yang menggantungkan hidup mereka padamu. Inilah saat yang tepat memanfaatkan jatahmu untuk melihat dunia, merasakan pengalaman yang hanya bisa kamu rasakan tanpa perantara.

Sisihkan uang dan waktumu. Angat ransel, keluarlah dari kota atau negaramu. Dari perjalananmu kamu akan belajar bahwa ada hal-hal lain di luar rutinitas yang mampu membuatmu kembali merasa tertantang dan berkembang. Dengan melihat dunia kamu akan menjadi pribadi yang haus untuk berubah.

  1. Berdiam diri diatas kasur memang memanjakan, tapi apakah kamu yakin hanya itu saja yang kamu inginkan dalam hidup?

high-tech-sound-and-video-make-the-hobbit-incredibly-immersive

Tidak semua dari kita sudah menemukan tujuan hidupnya. Tujuan hidup tidak selalu bisa kamu temukan dengan mudah. Diperlukan proses panjang dan usaha keras untuk bisa menggali hal-hal besar yang ingin kamu lakukan. Apakah hal-hal yang kamu lakukan selama ini bisa kamu ceritakan dengan bangga pada anak cucumu? Apakah mereka akan tergerak untuk melakukan hal positif yang sama denganmu atau justru mereka heran mendengar ceritamu?

Kalo kamu hanya ngurung diri di kamar, sama saja dengan diam di tempat. Jika kamu ingin berkembang secara nyata, maka beranjaklah dari tempat tidur sekarang juga. Karena singa yang tak meninggalkan sarang tak pernah bisa memangsa. Anak panah yang tak terlepas dari busurnya tak mungkin mengena.

  1. Kenapa tidak?

o-SMALL-BUSINESS-CASH-REGISTER-facebook-750x375

Pada umumnya orang berkesan negatif terhadap hal-hal baru yang asing baginya. Namun, cobalah untuk bertanya pada diri sendiri, kenapa tidak? Bung, dengan melakukan hal-hal baru kamu bisa menemukan gagasan yang sekian lama kamu cari dan tunggu.

Setiap hari kamu akan menemui ketakutan baru yang harus kau hadapi, pengetahuan baru untuk dipelajari, dan pengalaman baru untuk dicoba. Takut salah? Jangan pernah takut melakukan kesalahan, karena dari situlah kita mendapat pelajaran yang berharga untuk berkembang. Ekspektasi kita yang terlalu berlebihanlah yang membuat kesalahan-kesalahan terdengar mengerikan.

  1. Memberimu asupan ide

friends-coffee-talking-drinking-job-meeting-pm-1200-750x542

Sesuatu yang istimewa membutuhkan ide yang cemerlang. Namun gak jarang kita terjebak dalam kebuntuan. Karena ide gak bisa diambil di ATM, maka kamu butuh suasana baru untuk memicu pikiran kreatif.

Ide itu muncul karena hasil interaksi pikiran dan lingkungan sekitar. Karena terkadang ide muncul dari hal yang tak disangka-sangka. Menawarkan suasana baru  pada diri sendiri ketika otak sedang buntu adalah pintu awal bagi datangnya ide. Atmosfir secara tidak langsung merancang otakmu untuk berpindah gear ke mode berpikir kreatif nan unik.

Hal-hal baru bisa merangsang otakmu untuk berpikir out of the box, sehingga ide-ide baru bermunculan. Ide-ide keren memang terkadang datang secara ajaib, maka kamu juga bisa coba mendapatkannya dengan cara-cara ajaib pula. Jadi kamu tak perlu lagi khawatir saat kebutuhan ide melanda.

  1. Membuat harimu lebih beruntung

slide-5

Ada masanya otakmu seperti mengepul karena terlalu banyak hal yang dipikirkan dan kamu terlalu “rutinitas”. Membuat hidupmu datar dan monoton sehingga kebosanan datang. Bagaimana keberuntungan mau menghampirimu kalau kamu aja lemes dan lesu. Jangan paksa dirimu melakukan rutinitas. Berhenti, dan lakukan aktifitas lain.

Keberuntungan lebih tertarik kepada orang yang bahagia dan berpikiran positif. Rasa bahagia terbukti bisa mengantarkan oksigen ke otak dengan lebih lancar yang berdampak pada lancarnya proses berpikir. Saat kamu merasa stuck, lakukan aktifitas yang sedang kamu inginkan. Hal tersebut bisa membuatmu lebih santai. Cara tersebut bisa menjadi strategi yang baik untuk memanggil kebahagiaan untuk datang, sehingga kamu lebih mungkin untuk mendapatkan keberuntungan

  1. Merusak pola sial

 cool

Keberuntungan dan kesialan ternyata memiliki pola. Tentu kamu ingin harimu penuh dengan keberuntungan. Sial? Sudah tentu kamu gak mau. Nasib sial sebenarnya bisa kamu ubah secara ilmiah. Kuncinya adalah “pola”.

Kamu pernah punya kaset yang berisi rekaman suara? Apa yang terjadi bila kamu keluarin pita tersebut terus kamu gores dengan kater? Pasti ketika kamu putar kaset terstbut yang keluar adalah suara yang aneh. Ini terjadi karena kamu merusak pola pada pita kaset tersebut. Nah, begitu juga dalam hidup kita.

Dalam hidup ada pola baik ada pola buruk. Setiap orang memiliki hari sial. Nah, kamu yang sedang mengalami hari buruk, kamu bisa merusak pola sial dengan melakukan hal ekstrem positif yang tidak berhubungan.

Itulah mengapa sebelum pertandingan sepak bola pelatih memberikan waktu istirahat untuk bersenang-senang kepada pemainnya. Itulah mengapa pelatih basket meminta wasit untuk break padahal pertandingan hampir berakhir. Tidak lain dan tidak bukan, untuk merusak pola sial dan menciptakan pola keberuntungan.

  1. Belajar untuk berani menikmati hidup dengan keberanian.

berani

Selalu dihantui rasa takut akan berbuat kesalahan sepanjang hidupmu justru jauh lebih menakutkan dibanding berbuat kesalahan itu sendiri. Ketika kamu terlanjur melakukan kesalahan, kamu akan menyadari jika ternyata hal yang selama ini kamu takutkan itu tak seburuk yang kamu pikirkan selama ini. Ternyata duniamu belum berakhir ketika kamu melakukan kesalahan.

Kamu tetap dapat menghirup udara pagi, bumi tetap berputar pada porosnya, dan orang-orang di sekelilingmu tetap tidak berhenti melakukan kegiatannya hanya untuk bersama-sama menertawakanmu atas kesalahan yang kamu lakukan.

  1. Membuatmu pikiranmu lebih dewasa dan bijaksana

20090613_work_life_balance

Melakukan suatu hal baru dan ternyata salah, tak seharusnya membuatmu jadi orang yang terpuruk. Justru sebaliknya, setelah melakukan kesalahan, kamu bisa menjadi lebih dewasa dan bijaksana dalam memahami berbagai hal yang terjadi dalam hidupmu dimasa-masa mendatang.

Kamu mulai membuka pikiranmu lebar-lebar dan melihat berbagai kejadian dari berbagai sudut pandang yang berbeda dan menyikapinya dengan lebih bijaksana.

  1. Ada berbagai pelajaran berharga akan kamu dapatkan sebagai bekal masa depanmu nanti

2013-03_TechShop_SanFrancisco-5-750x560

Banyaknya aktifitas baru berbanding lurus dengan kesalahan yang muncul. Kamu akan belajar banyak dari kesalahan-kesalahanmu hingga membuat cara pandangmu terhadapnya pun berubah. Kamu tak lagi menganggapnya sebagai sebuah perkara yang harus disesali, tapi kamu akan memandangnya sebagai pelajaran hidup yang berharga.

Bagimu melakukan kesalahan bukanlah suatu kegagalan karena kamu telah mempelajari sesuatu yang berharga. Kamu akan lebih berani dan tertantang menghadapi kesalahan-kesalahan selanjutnya. Karena kamu menyadari bahwa dari situlah kamu belajar dan berkembang untuk menjadi lebih baik.

  1. Menghabiskan jatah gagal

Captify-750x500

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Tidak ada yang menggugat. Biarkan pengalaman yang berbicara. Terkadang pengalaman lebih bisa mengajarkan arti kehidupan ketimbang sekedar perkataan dan nasehat. Seperti kata Dahlan Iskan, “setiap orang mempunyai jatah gagal, maka habiskan jatah gagalmu ketika kamu masih muda.” Sehingga kita harus lebih sering mencoba untuk menghabiskan jatah gagal itu. Beda lho antara mencoba dan mencoba-coba. Lalu nanti kalau jatah gagal itu habis yang tersisa apa dong? Yes! Kesuksesanlah yang tersisa.

Bung, hidup ini terlalu singkat jika dijalani tanpa menantang diri sendiri. Dengan meng”iya”kan hal-hal baru bagimu, kamu akan menemukan kejutan-kejutan lain yang selama ini tidak pernah kamu dapatkan sebelumnya. Kamu akan memiliki pandangan baru yang tidak pernah ada di otakmu sebelumnya. Selain itu pikiranmu menjadi lebih segar. Kamu akan terkejut saat menyadari banyak sekali hal yang selama ini tidak kamu perhatikan. Ini juga bisa membantumu melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda.

Sulit untuk dipercaya bahwa seseorang yang tidak pernah melakukan hal-hal baru dalam hidupnya, mampu berkembang menjadi lebih baik. Memang, mendapatkan pengalaman baru dalam hidup bukan berarti pengalaman tersebut mampu membuat hidup menjadi lebih baik. Namun, sesuatu yang baru dan inovatif merupakan kebutuhan bagi umat manusia di bumi. Seorang anak kecil yang mencoba untuk bersepeda, kemudian jatuh sehingga membuat luka di sikunya pasti terasa buruk. Namun, hal tersebut mengajarinya bagaimana cara untuk bersepeda.

Kita setuju, tidak selamanya ”iya” membuat hidup ini menjadi lebih baik. Tapi setidaknya kamu belajar dan mendapatkan sesuatu. Dibandingkan “tidak” yang membuatmu diam di tempat. Pikirkan kembali mengapa kamu selalu mengatakan “tidak” untuk ide-ide menantang yang terbesit dalam benakmu.

Untuk sebagian besar orang, melompat dari zona nyaman memang menakutkan. Itulah mengapa kita menyebutnya zona nyaman. Selimut yang kita gunakan saat masih kecil memberikan kita rasa tenang, aman dan nyaman. Namun, coba buka matamu lebih lebar. Nyatanya, kamu sekarang bukan lagi anak kecil. Ya kan?

Dan akhirnya… semoga harimu lebih beruntung ^^

 

Muhammad Nuril H.

Salatiga, 2 Februari 2015, 13.05 WIB

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Hai Kamu yang Sering Ragu, Inilah 12 Alasan Mengapa “Iya” Bisa Membuat Hidupmu Lebih Bahagia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s