Mulai Esok, Kamu Tak Perlu Lagi Telat Shubuh dengan 15 Kiat Jitu ini

Teman kosan : Cie, yang rajin sholat Dhuha

Kamu : *Nyengir soalnya kamu sebenernya lagi sholat shubuh

Bangun pagi untuk sholat shubuh bisa jadi merupakan cobaan terberat dalam hidupmu. Ya, problematika bangun shubuh memang klasik. Kamu harus melawan rasa kantuk yang begitu hebat supaya bisa segera membuka mata. Kadang kamu juga tidak rela bangun karena rasanya mata ini baru terpejam sekejap. Kasur pun menjadi tempat ternyaman di dunia dan membuatmu enggan untuk beranjak darinya.

Perjuangan untuk bangun pagi itu memang tidak mudah. Hawa fajar yang dingin dan lingkungan yang masih sepi sering menghipnotis diri untuk terlelap kembali. Sebenarnya, bangun pagi untuk sholat shubuh tidaklah begitu sulit. Hanya saja butuh latihan dan kebiasaan. Berikut ini kiat-kiat buat kamu supaya bisa menunaikan sholat shubuh tepat waktu

  1. Segala perbuatan harus diawali dengan niat. Jadi sebelum tidur, niatkan untuk bangun shubuh esok hari

br-sleept1

Buat niat yang kuat dalam hati untuk bangun demi menunaikan perintah-Nya, sholat shubuh. Bukankah segala sesuatu itu harus dilandasi dengan niat yang tulus dan benar? Meski kamu tidur tak terlalu malam tetap niatkan untuk bangun shubuh esoknya. Banyak orang yang menggunakan cara ini untuk bisa bangun pagi.

“bangun jam 5… bangun jam 5… bangun jam 5…”

kamu boleh juga dengan mengucapkannya berulang-ulang. Kayak afirmatif gitu modelnya, menghipnotis diri untuk bangun pagi. Nah, biasanya kalau kamu udah berniat, bangun pagi akan terasa lebih enteng, nikmat dan indah.

  1. Atur jam tidurmu 7-8 jam, sehingga ketika bangun kamu udah seger gak ngantuk-ngantuk

11743682-trouble-sleeping

Waktu tidur normal bagi orang dewasa rata-rata 7-8 jam perharinya. Ya, waktu tersebut merupakan waktu ideal bagi manusia dewasa untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Dengan tidur berkualitas pas kamu bangun shubuh gak ngerasa ngantuk lagi.

Selain itu kamu dapat banyak manfaat bagi tubuh: badan lebih segar, lingkaran hitam di bawah mata menghilang, memperkuat komponen emosional memori pada otak, juga membuat suasana hatimu lebih terjaga. Jadi kamu juga bisa terhindar dari stress dan depresi.

  1. Padamkan lampu dan TV yang ada demi tidur kualitas jawara

modern interior

Apakah kamu hobi terlelap dengan TV yang masih menyala serta lampu yang tidak dipadamkan? Jika iya, segera ubah kebiasaan itu sekarang juga. Menurut penelitian tidur dengan lampu padam bisa mencegah penyakit kanker. Ya, menurut ahli biologi Joan Robert, tubuh dapat menghasilkan hormon melatonin hanya ketika tidak ada cahaya. Hormon inilah yang nantinya mampu mencegah serta memerangi penyakit kanker.

Selain memadamkan lampu, kamu juga disarankan untuk mematikan TV. Supaya hormon melatonin yang dihasilkan tubuh bisa lebih maksimal. Tidak hanya tubuhmu yang akan sehat dan segar saat bangun nanti, kamu pun bisa menghemat energi.

  1. Tidur lebih awal, bahkan walaupun kamu masih punya utang pekerjaan, tugas kuliah ato PR sekolah. Jadi kamu bisa bangun lebih awal nantinya untuk menuntaskan sambil menunggu waktu shubuh

art-sleep

Waktu subuh bisa lebih membuatmu produktif untuk menuntaskan pekerjaan daripada jika kamu terjaga semalaman alias begadang. Udara fajar yang masih segar, kandungan oksigen yang masih bersih akan membuat otak menjadi lebih fresh dan ketika shubuh, otak lebih banyak memproduksi hormon yang akan menajamkan daya ingat sehingga penerimaan informasi menjadi lebih cepat dan tersimpan dalam waktu yang lebih lama. Ini tentu akan meningkatkan kualitas pekerjaanmu.

Memang tidak salah menjadi makhluk noktural, alias yang aktif bergerak pada malam hari. Tapi, bukankah kamu sudah memantapkan niat untuk sholat shubuh tepat waktu?

  1. Jika kamu ingin tidur siang, cukup rebahkan tubuh 15 menit. Biarkan tubuhmu lelah hingga tidur lebih awal malam nanti

rest

Dengan tidur siang kamu akan membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk tidur malam. Jangan tidur ketika sore hari atau setelah maghrib, karena hal tersebut akan membuat kamu tidur larut malam dan tidur malam yang berlebihan akan membuat kamu berat untuk membuka mata di pagi hari. Selain itu, tidur dalam waktu singkat setelah makan siang, akan membangkitkan tenaga kamu yang hilang setelah kamu gunakan untuk bekerja. Kamu boleh koq tidur siang sebentar. Namun ingat, sebentar adalah sebentar.

  1. Hindari makan berat sebelum tidur agar tidurmu bisa maksimal

185zunrlgqoayjpg

Makan berlebihan akan menyebabkan kamu tidur lebih nyenyak dan bangun dalam keadaan capek. Kenapa? Karena, ketika merasa kekenyangan, asupan oksigen kamu berkurang sekitar 20%-40% (5-10 detik), hal tersebut menyebabkan hiperventilasi (pernapasan berat) yang membutuhkan banyak energi, sehingga kita tidak bisa mendengarkan dengan baik suara alarm ataupun mendengar adzan subuh yang berkumandang.

  1. Agar kamu punya alasan beranjak, letakkan alarm setidaknya 3 langkah kaki dari tempat tidur

sleeping

Pasang alarm dan meletakkannya di samping tempat tidurmu itu bisa dikategorikan sebagai usaha paling sia-sia dalam hidup. Karena saat alarm bangun tidur berbunyi, kamu bisa dengan mudah mengambilnya, mematikannya (atau snooze) dan kemudian tidur lagi dan kamu baru benar-benar bangun hanya jika ada gempa bumi

Nah, agar alarmu bisa berfungsi sebagaiana mestinya, letakkan alarm jauh dari tempat tidurmu sehingga mau tidak mau kamu harus bangun dan mencarinya serta mematikannya saat alarm berdering. Sekali kamu beranjak dari tempat tidur, biasanya kamu sudah tidak berniat lagi untuk melanjutkan tidur.

  1. Atau kamu boleh meletakkan alarm dekat denganmu bila suara alarm nggak sekencang guntur, namun setelah terbangun segera lempar bantal, guling dan selimut menjauhi kasur

furniture-white-lift-storage-bed-with-white-headboard-and-white-mattress-also-grey-blanket-on-white-floor-attracti

Nah, ini alternatif aja sebenernya. Mungkin alarm mu gak akan mungkin membangunkanmu bila jauh. Gak papa, kamu bisa meletakkan di dekatmu atau malah kamu letakkan tepat disebelah telinga. Akan tetapi setelah terbangun, agar kamu tidak tergoda lagi untuk tidur, langsung melemparkan atribut tidur ke lantai biar kamu sulit kembali tidur adalah alternatif yang tidak ada salahnya untuk dicoba. Walaupun sedikit berlebihan sih hehehe…

  1. Ada juga alternatif lain menggunakan alarm HP seperti gambar dibawah ini

Screenshot_2015-02-10-20-56-20Screenshot_2015-02-10-20-56-25

Kalo kamu masih juga gak bisa terbangun, ini namanya keterlaluam. Cobalah untuk pergi ke dokter THT. Mungkin saja ada yang salah dengan gendang telingamu sehingga alarm yang sebegitu seringnya berdering tidak membangunkan kamu. Hmm… atau mungkin kamu gak pernah bersihin telinga pake cutton bud? Hayo ngaku hayo…

  1. Selepas bangkit segera minum air putih untuk membangunkan tubuh

man_drinking_water_glass-1024x1024

Minum air putih sebelum tidur bisa membuatmu bangun tidur lebih cepat karena kamu harus segera ke kamar mandi untuk buang air kecil. Dengan begini mau nggak mau kamu harus segera bangkit dari tempat tidurmu kan?

Sedangkan manfaat minum air putih setelah bangun tidur adalah untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dan demi mengaktifkan kembali organ-organ dalam tubuh. Minum air putih setelah bangun itu ibarat kick-start bagi metabolismemu, kamu bisa lebih cepat sadar dan tidak lagi merasa ngantuk.

  1. Setelah benar-benar sadar, basuh mukamu dengan air kemudian ambil wudhlu

wudhu-750x563

Membasuh wajah dengan air akan merangsang saraf pada sekitar wajahmu sehingga membuatmu jadi lebih segar dan tidak merasa ngantuk lagi. Menurut pakar kesehatan, wudhlu akan merilekskan otot-ototmu yang kaku, menormalkan detak jantung dan mengembalikan tubuh yang lemah menjadi segar. Juga ternyata bagian tubuh yang dibasuh ketika berwudhlu, merupakan bagian yang biasa digunakan sebagai titik pijat/akupuntur.

  1. Akan lebih baik lagi bila kamu gosok gigi, anggap aja itu sebagai aktifitas ringan agar tak ngantuk lagi.

child-looking-at-brush

Kebiasaan menggosok gigi setelah bangun tidur itu baik lho. Itu bahkan lebih tepat dari pada kamu menggosok gigi setelah sarapan pagi. Tujuannya bukan untuk membersihkan sisa makanan melainkan mencegah terbentuknua plak atau karang gigi. Nah, selain dapat manfaat kesehatan lumayan juga kan kamu gak ngantuk lagi.

  1. Masih ngantuk juga? Gak usah bangun aja sampe kiamat sekalin coba minum secangkir kopi atau segelas teh hangat. Kafein akan meringankan rasa berat dimatamu.

15471-077

Biasanya kamu merasa kurang bersemangat dan mungkin sedikit pusing saat baru bangun tidur. Rasa tidak semangat dan pusing kepala bisa memancingmu ingin tidur lagi. Kamu bisa menyisiati ini dengan cara minum minuman berkafein beberapa saat setelah bangun tidur. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh berfungsi untuk menambah energi serta dapat menghilangkan rasa kantuk di pagi waktu shubuh.

  1. Olahraga di pagi hari tidaklah sulit. Cukup lakukan sholat berjama’ah di masjid dan berjalan kakilah dari rumahmu kesana

badshahi-mosque-pakistan_27467_990x742-750x563

Setelah mengambil air wudhlu dan menyeduh kopi maupun teh, bergegaslah untuk beranjak ke masjid. Selain pahala lebih besar yang kamu dapat, berjalan ke masjid membuatmu berolahraga ringan yang mana efektif untuk membakar lemak yang kamu tumpuk ketika makan malam. Lagi pula udara pagi dengan oksigen yang masih segar menjadi keuntungan yang tidak bisa kamu dapatkan ketika bangun siang.

  1. Dan yang perlu selalu kamu ingat, bersyukurlah karena kamu masih diberi kesempatan membuka mata hingga saat ini

Man Waking Up In Morning And Stretching On Bed

Satu hal penting yang bisa membuatmu bangun subuh dan cepat merasa segar adalah dengan tersenyum dan bersyukur kamu masih bisa melihat dunia ini kembali. Yup, sederhana tetapi sangat bermakna.

Tanpa sadar seringkali kita mengeluh dan menggurutu karena harus bangun subuh, padahal itu adalah sebuah anugerah karena kamu masih diberikan kesempatan untuk hidup dan menghirup udara pagi ini. Mengingatkan diri sendiri untuk bersyukur di pagi hari akan membuatmu bersemangat dan lebih termotivasi lagi.

Gimana? Masih kesulitan untuk menunaikan sholat shubuh pada waktunya? Kiat-kiat diatas bisa kamu coba agar shubuhmu gak lagi mirip sholat dhuha. Memang cara-cara tersebut tidak dapat kamu raih secara instan seperti masak indomie. Konsistensi adalah kunci agar menunaikan sholat shubuh tepat pada waktunya menjadi kebiasaan.

Mulai saat ini berkomitmenlah untuk sholat shubuh tepat waktu, tidak lagi menunaikannya setelah fajar terbit menyingsing. Karena seorang muslim yang cerdas takkan lalai dengan kewajiban sholat menghadap Rabbnya

Selamat mencoba!

 

Muhammad Nuril H.

Salatiga, 25 Februari 2015

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s